Rabu, 29 Juli 2009

Membuat Banyak Sidebar di Wordpress

Berapa banyak sidebar untuk meletakkan widget di template Worpress Anda ? 1,2 atau 3 sidebar saja ? Atau Anda sebenarnya menginginkan sebuah widget tertentu yang hanya tampil di bagian footer saja. Jika Anda menginginkan sidebar dengan letak dan posisi yang tidak terbatas, sebaiknya Anda perhatikan artikel yang saya tulis berikut. Sebelumnya saya sarankan, setidaknya Anda sudah mengetahui dasar-dasar pemograman bahasa PHP, HTML dan cara mengedit template Wordpress.

Pertama, Anda harus tahu, dimana Anda ingin meletakkan widget tersebut didalam sebuah template Wordpress. Kedua, Anda harus menentukan berapa banyak widget yang ingin Anda tampilkan. Ketiga, Anda harus mengenali fungsi dan tujuan widget yang ingin Anda pasang. Keempat, Anda harus memberi nama sidebar berbeda dan tidak boleh sama dengan sidebar lainnya. Kelima atau yang terakhir, Anda harus mempunyai backup atau cadangan template yang akan di edit.

Sekarang misalnya Anda menginginkan meletakkan sidebar yang di footer. Silahkan Anda buka file footer.php atau apalah namanya dari folder template Wordpress Anda. Masukkan kode berikut di dalam template Wordpress Anda dengan nama sidebar “sdBawah” lalu simpan.

<?php if ( !function_exists('dynamic_sidebar') || !dynamic_sidebar('sdBawah') ) : ?>
<?php endif; ?>

Kemudian, buka file function.php dari folder template Wordpress Anda, dan isikan kode berikut lalu simpan.

register_sidebar(array(
'name'=>'sdBawah',
'before_widget' => '<div id="%1$s" class="widget %2$s">',
'after_widget' => '</div>',
'before_title' => '<h3 class="judulWidget">',
'after_title' => '</h3>',
));

Selanjutnya, silahkan Anda buka dari Admin panel, klik Design -> Widgets. Klik menu dropdown disisi sebelah kanan (Current Widgets). Apa yang Anda lihat? Ternyata Anda mendapatkan tambahan sidebar baru yang siap Anda pasangkan widget kedalamnya.

Selamat mencoba.

di copa dari web http://mujie.blog.niwakarya.com/





Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar